Memulai VB .Net

24 Juni 2008

Jalankan visual basic .net atau software visual studio anda, ketika pertama kali dijalankan kita akan disambut dengan halaman pertama (start page) dari Visual Basic .Net.





















Banyak yang bisa kita lakukan dengan halaman pertama ini, namun pada dasarnya disini kita bisa memulai project, atau membuka kembali project yang sudah ada.

Pada start page ini ada 3 tab yang dimunculkan:
1. Recent Projects
Digunakan untuk membuka kembali project yang telah dibuat sebelumnya
2. Getting Started
Merupakan tutorial bantuan
3. MSDN, web yang diperuntukkan untuk menampilkan help secara online dari websitemicrosoft
Untuk membuka project baru, klik menu File > New Project , ini akan memunculkan daftar aplikasi yang bisa dibuat dengan menggunakan VB .Net, jika kita menggunakan VBE (VB .Net Express, maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini:















Jika menggunakan Visual Studio 2005, opsi yang bisa dipilih akan lebih banyak, pada gambar diatas ada 6 pilihan:

  1. Window application, merupakan program dengan antar muka windows, seperti word, excel, biasanya untuk permulaan, kita bisa memilih opsi ini
  2. Class library, bisa kita gunakan untuk mendistribusikan objek-objek yang telah kita rancang agar bisa dimanfaatkan oleh program lain
  3. Console Application, merupakan sebuah aplikasi console, dengan antar muka seperti aplikasi DOS
  4. dll
Sebagai awalan, sebaiknya dipilih Windows Application, pada isian kotak isian Name (dibawah) tertulis WindowsApplication1, ini adalah isian standar untuk nama project, Nama project merupakan bagian penting dalam pembuatan sebuah program, tentu saja jika jumlah program yang dibuat cukup banyak, kita akan perlu untuk mengidentifikasi program mana yang akan kita edit. Tentu saja nama project harus unik, agar tidak memusingkan si programmer sendiri.

WindowsApplication1 merupakan nama default yang disediakan VBE, jika langkah membuat project baru kita ulangi sekali lagi isiannya akan berganti menjadi WindowsApplication2, WindowsApplication3 dan seterusnya.
Tentu saja tidak bagus memberi nama project seperti isian defaultnya, kecuali jika kita ingin memanggil project kita dengan nama WindowsApplication1, kan aneh..
Kliklah pada kotak isian name tersebut ganti Name nya dengan nama project yang diinginkan, misalnya ProjekPertama.Klik tombol OK sehingga akan memunculkan IDE (Integrated Development Environtment) dari VB .Net seperti gambar berikut ini:



















IDE merupakan sebuah kesatuan tempat membuat mendisan program, menjalankan program, debugging dan mengkompilasi program. Mungkin kita masih ingat pemrograman DOS, dimana alat untuk mengedit, alat untuk mengkompilasi merupakan software yang terpisah. Pada VB .Net kesemua perangkat untuk membuat program digabung menjadi satu, yaa dengan nama IDE ini.

Form dalam VB .Net

Dalam lingkungan disain VB .Net, konsentrasi pertama kita adalah pada window yang berada ditengah IDE VB Net, Window ini disebut dengan Form, ini merupakan bagian utama dari program yang akan kita buat, bentuknya sekarang memang belum terlalu meyakinkan, tapi segera akan menjadi lebih berguna nantinya. Beginilah bentuk form itu






















Bersambung...

1 comments:

fietrie89 mengatakan...

assalamualaikum...
maaf ne kak, sebelumnya..
bisa ga saya minta postingkan bagaimana cara membuka project yang suda di buat secara etail apa saja yang harus diisi

Poskan Komentar